Click Here For Free Blog Templates!!!
Blogaholic Designs

Pages


Jumat, 14 Juni 2013

Makanan Pedas Salah Satu Penyebab Terjadinya Cegukan

Tiap orang pasti pernah mengalami yang namanya cegukan. Sepintas mungkin nggak pernah terpikir kenapa cegukan bisa terjadi, sehingga saat cegukan kita hanya biasa-biasa aja.
Cegukan secara medis dikenal sebagai "Singuitis", yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. ternyata cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol juga terkadang menjadi pemicu terjadinya cegukan. Makanan pedas seperti cabai, lada, atau makanan kari dapat mengakibatkan cegukan yang berlangsung hingga lebih dari satu menit. Sedangkan alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi megendalikan diafragma. Saraf ini cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot yang memicu cegukan.
Cegukan juga menjadi cara tubuh memberitahukan kalau kita makan atau minum terlalu banyak. Para ilmuwan juga menilai cegukan adalah refleks yang mencegah kita tersedak makanan atau minuman. Cegukan juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motor ke diafragma yang membantu mengendalikan proses bernafas.
Stress atau emosi yang tinggi juga terkadang memicu terjadinya cegukan. Bisa juga pertanda di telinga kita terdapat benda asing. Jadi memang banyak faktor yang dapat membuat cegukan itu terjadi. Cegukan yang panjang bisa membuat seseorang pingsan yang disebabkan oleh masalah irama jantungnya. Selain itu sepertiga pasien kemoterapi juga mengeluh mengalami cegukan secara terus menerus.
Bagaimana cara mengatasi "Cegukan" itu sendiri?? Seperti yang dikutip dari Times of India, cara terbaik mengurangi cegukan adalah dengan mengatur nafas dan rileks. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan meminum dua sampai tiga gelas air tanpa henti. Jika tidak kunjung berhenti, kita juga bisa mencoba meminum air tanpa bernafas. Hal tersebut dilakukan agar menaikkan kadar karbondioksida atau menstimulasi saraf vagus. Selain itu, menahan nafas, menggosok bola mata, menelan roti kering, makan es yang diremukkan, memakan sesendok teh gula, bernafas ke dalam kantong plastik serta menghirup bau amonia bisa menjadi alternatif untuk mengatasi cegukan.
Semoga info ini bermanfaat :)

Cr: Tabloid GAUL

0 komentar:

Posting Komentar